KUSUMAWATI, ENDANG
(2018)
PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT MUTIARA BUNDA KECAMATAN WIYUNG KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemandirian merupakan hal yang sangat penting bagi anak, karena dari usia dini inilah anak memulai belajar tentang kehidupan yang kelak akan berpengaruh besar terhadap masa depannya. Kemandirian belajar merupakan suatu masalah yang saat ini dihadapi oleh PPT Mutiara bunda khususnya pada kelompok usia 2-3 tahun. Terkadang dalam pembelajaran dikelas masih didapati anak yang menangis, atau tidak mau belajar kalau tidak didampingi oleh orang tuanya. Begitu juga pada waktu mengerjakan tugas anak juga tidak mau mengerjakan sendiri atau bahkan orang tua yang mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan sendiri.
Penelitian ini menggunakan Dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Metode penelitian pre-eksperimental. Populasinya seluruh peserta didik kelompok A usia 2-3 tahun di PPT Mutiara Bunda, pengambilan data menggunakan teknik observasi variabel terikat adalah kemandirian belajar dan variabel bebasnya adalah pemberian reward.
Hasil penelitian dengan uji t-tes berpasangan menunjukkan bahwa koeefisien korelasi sebesar 0,645, berarti ada hubungan yang kuat antara pemberian reward dan tingkat kemandirian belajar anak, sedangkan probabilitasnya adalah
0,000 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang kuat pemberian reward terhadap kemandirian belajar anak
Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian reward terhadap kemandirian belajar anak, terbukti nilai rata-rata kemandirian anak meningkat dari saat observasi pertama sampai dengan dilakukannya observasi akhir yaitu observasi setelah pelaksanaan penelitian.
Actions (login required)
|
View Item |