WIYANTI, SRI
(2018)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM PENGENALAN WARNA DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL KELOMPOK B DI PPT MUTIARA BUNDA BULAK SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dapat
mengakibatkan kendala bagi anak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih
tinggi, karena warna merupakan unsur keindahan seni, termasuk unsur visual yang
dapat membedakan sebuah bentuk dari sekelilingnya. Di PPT Mutiara Bunda ada
10 anak yang belum mampu mengenal warna
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak
dalam mengenal warna dengan media papan flannel.Metode penelitian dilakukan
dengan penelitian tindakan kelas (PTK).Subyek penelitian anak kelompok B
terdiri dari 12 anak.Obyek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif
anak. Tehnik pengumpulan melalui observasi
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna yang
dicapai anak lebih meningkat bila di bandingkan dengan sebelumnya dimana
perkembangan kognitif anak hanya 36,86% atau 4 anak saja, namun setelah
dilakukan praktek penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media papan
flannel, pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 59,72% atau 7 anak, maka
dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami
peningkatan mencapai 90,63% atau 10 anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan
menggunakan media papan flannel dalam mengenal warna pada anak usia 3-4
tahun dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak,
untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan menggenal
warna dengan media yang menyenangkan dan menarik minat anak.
Actions (login required)
|
View Item |