PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BERHITUNG DENGAN MEDIA TIGO PADA SISWA KELAS B TK SETYA HARAPAN SURABAYA

PRIHANDINI, ANTIF (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BERHITUNG DENGAN MEDIA TIGO PADA SISWA KELAS B TK SETYA HARAPAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180054_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20934.html

Abstract

Kemampuan berhitung anak Kelompok B belum optimal karena pembelajaran belum menggunakan media yang menyenangkan.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media TIGO (Tikar Geometri). Jenis penelitian ini menggunakan bentuk desain eksperimen Pre- Experimental Design (One Group Pretest-Posttest) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Setya Harapan Surabaya, yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 6 putri dan 4 putra. Teknis analisa data yang digunakan adalah teknik kuantitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif anak yang dicapai pada anak usia 5-6 di TK Setya Harapan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif setelah melakukan permainan TIGO (Tikar Geometri) pada siklus I memperoleh skor 17 nilai rata – rata sebesar 7,75 yang berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB), dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh skor 20 nilai rata – rata 16,25 yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Melalui permainan TIGO (Tikar Geometri) dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Setya Harapan Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kognitif, permainan TIGO (Tikar Geometri).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:28
Last Modified: 10 Apr 2023 07:54
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item