WURJANDANI, SRI DEWI
  
(2018)
ANALISIS KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN KEJAWANPUTIH TAMBAK.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Kemampuan   berbahasa   adalah   salah   satu   aspek   perkembangan   yang harus   dicapai   oleh   seorang   anak untuk   tahap   perkembangan   emosinya. Seorang   anak   yang   memiliki   kemampuan   berbahasa   yang   tinggi   akan mampu mengungkapkan keinginan, ide ataupun gagasan yang ada dalam pikirannya, sehingga anak akan mudah diterima di lingkungannya dan dapat menjadi  pembelajar  yang sukses.
Desain     penelitian     ini     menggunakan     desain     penelitian     deskriptif kuantitatif. Koresponden adalah peserta didik dengan rentang usia 3-4 tahun dengan  sampel  sebesar  80  peserta  didik.  Variabel  kemampuan  berbahasa dan     pengumpulan     data     menggunakan     observasi     dan     analisis     data menggunakan  Statistik  Deskriptif.
Hasil   penelitian   kemampuan   berbahasa   menunjukkan   bahwa   dari   80 responden 44 responden (55%) memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang tinggi. Dengan   jenis  kelamin   laki-laki   terdapat   25   (67,57%)   responden dengan   kemampuan   berbahasa   tinggi.   Pada   anak   dengan   jenis   kelamin Perempuan sebesar  32  (74,41%)  responden  memiliki  kemampuan  berbahasa tinggi.   Dengan     usia   3   tahun   terdapat   7 responden   (77,78%)   memiliki kemampuan berbahasa yang tinggi. Usia 3,5 tahun, 10 responden (76,92%) memiliki   kemampuan   bahasa   tinggi,   usia   4,5   tahun   dari yang   memiliki kemampuan  berbahasa tinggi  sebanyak  15  responden  (78,95%).
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  sebagian  besar  peserta  didik  di
PPT  yang  ada  di  Kelurahan  Kejawanputih  Tambak  memiliki  kemampuan berbahasa  yang tinggi.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |