WURJANDANI, SRI DEWI
(2018)
ANALISIS KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN KEJAWANPUTIH TAMBAK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan berbahasa adalah salah satu aspek perkembangan yang harus dicapai oleh seorang anak untuk tahap perkembangan emosinya. Seorang anak yang memiliki kemampuan berbahasa yang tinggi akan mampu mengungkapkan keinginan, ide ataupun gagasan yang ada dalam pikirannya, sehingga anak akan mudah diterima di lingkungannya dan dapat menjadi pembelajar yang sukses.
Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Koresponden adalah peserta didik dengan rentang usia 3-4 tahun dengan sampel sebesar 80 peserta didik. Variabel kemampuan berbahasa dan pengumpulan data menggunakan observasi dan analisis data menggunakan Statistik Deskriptif.
Hasil penelitian kemampuan berbahasa menunjukkan bahwa dari 80 responden 44 responden (55%) memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang tinggi. Dengan jenis kelamin laki-laki terdapat 25 (67,57%) responden dengan kemampuan berbahasa tinggi. Pada anak dengan jenis kelamin Perempuan sebesar 32 (74,41%) responden memiliki kemampuan berbahasa tinggi. Dengan usia 3 tahun terdapat 7 responden (77,78%) memiliki kemampuan berbahasa yang tinggi. Usia 3,5 tahun, 10 responden (76,92%) memiliki kemampuan bahasa tinggi, usia 4,5 tahun dari yang memiliki kemampuan berbahasa tinggi sebanyak 15 responden (78,95%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar peserta didik di
PPT yang ada di Kelurahan Kejawanputih Tambak memiliki kemampuan berbahasa yang tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |