HUBUNGAN PENGHARGAAN DARI ORANGTUA DENGAN KEDISIPLINAN ANAK DI PPT AMALIA SAMBIKEREP SURABAYA

MULYANI, ANIK (2018) HUBUNGAN PENGHARGAAN DARI ORANGTUA DENGAN KEDISIPLINAN ANAK DI PPT AMALIA SAMBIKEREP SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180081_abstract.pdf

Download (789kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21033.html

Abstract

Kelompok B di PPT Amalia Sambikerep belum menunjukkan perilaku disiplin, antara lain anak masih datang terlambat, tidak mengenakan kelengkapan sekolah, dll. Selain itu, banyak orangtua/wali murid yang memberikan “iming- iming” berupa penghargaan dengan tujuan agar anak berperilaku disiplin, sehingga peneliti menduga ada hubungan antara penghargaan dengan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian penghargaan dari orangtua dengan kedisiplinan anak di PPT Amalia Sambikerep Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan subjek 60 siswa dan orangtua/wali murid. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kedisiplinan anak dan angket pemberian penghargaan dari orang tua. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sinifikan antara pemberian penghargaan dari orangtua dengan kedisiplin anak di PPT Amalia Sambikerep Surabaya. Dari hasil analisis data korelasi product moment diperoleh bahwa rxy sebesar 0,801. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemberian penghargaan (reward) dari orangtua ada hubungan dengan kedisiplin anak di sekolah Kelompok B PPT Amalia Sambikerep Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: penghargaan, kedisiplinan anak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:48
Last Modified: 10 Apr 2023 08:15
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item