MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD TERPADU TUNAS PRIMA SURABAYA

RACHMAYANA, RACHMAYANA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD TERPADU TUNAS PRIMA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180052_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20928.html

Abstract

Permasalahannya karena kurang tepatnya metode pembelajaran yang diberikan pada anak, sehingga anak merasa bosan dan ramai ketika dikelas, sehingga kemampuan kognitif anak di PPT Tunas Prima kurang maksimal. Tujuan peneliti ingin meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode bernyanyi pada anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Terpadu Tunas Prima Surabaya. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Di Pos Paud Terpadu Tunas Prima Surabaya. Jl.Prima Kebraon Taman Kelurahan kebraon Kecamatan Karangpilang dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Di bantu oleh ibu Sri Rostanti selaku guru kelas usia 3-4 tahun, dan subjek penelitian yaitu anak usia 3-4 tahun sebanyak 26 anak. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, penelitian yang digunakan berupa lembar observasi.. Hasil penelitian sebelum pra siklus kemampuan kognitif anak hanya 23% atau 6 anak, setelah menggunakan metode bernyanyi mengalami peningkatan di setiap siklusnya. pada siklus I kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 74% atau 19 anak, sedangkan siklus II meningkat menjadi 85% atau 22 anak. Kesimpulan dengan metode bernyanyi anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Prima usia 3-4 tahun, semakin meningkat di setiap siklusnya. Disarankan bagi sekolahan sebagai bahan masukan dalam melaksanakan pembelajaran dan bagi guru hendaknya lebih aktif, kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFirdaus, FirdausNIDN0713016904firdaus@unusa.ac.id
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode bernyanyi, Anak Senang, Kognitif Meningkat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:30
Last Modified: 10 Apr 2023 07:50
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3973

Actions (login required)

View Item View Item