RACHMAYANA, RACHMAYANA
(2018)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD TERPADU TUNAS PRIMA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Permasalahannya karena kurang tepatnya metode pembelajaran yang diberikan pada anak, sehingga anak merasa bosan dan ramai ketika dikelas, sehingga kemampuan kognitif anak di PPT Tunas Prima kurang maksimal. Tujuan peneliti ingin meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode bernyanyi pada anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Terpadu Tunas Prima Surabaya.
Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Di Pos Paud Terpadu Tunas Prima Surabaya. Jl.Prima Kebraon Taman Kelurahan kebraon Kecamatan Karangpilang dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Di bantu oleh ibu Sri Rostanti selaku guru kelas usia 3-4 tahun, dan subjek penelitian yaitu anak usia 3-4 tahun sebanyak 26 anak. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, penelitian yang digunakan berupa lembar observasi..
Hasil penelitian sebelum pra siklus kemampuan kognitif anak hanya 23% atau 6 anak, setelah menggunakan metode bernyanyi mengalami peningkatan di setiap siklusnya. pada siklus I kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 74% atau
19 anak, sedangkan siklus II meningkat menjadi 85% atau 22 anak.
Kesimpulan dengan metode bernyanyi anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Prima usia 3-4 tahun, semakin meningkat di setiap siklusnya. Disarankan bagi sekolahan sebagai bahan masukan dalam melaksanakan pembelajaran dan bagi guru hendaknya lebih aktif, kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Actions (login required)
|
View Item |