PUTRI, RANI NAZHIA
(2016)
HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG MULTAZAM RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kepuasan pasien dipengaruhi secara langsung oleh mutu pelayanan yang diberikan. Perawat belum semuanya melakukan pelayanan dengan caring, masih banyak ditemukan perawat yang tidak ramah, kurang cekatan dalam menanggapi keluhan pasien dan kurang komunikasi terapeutik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Multazam Rumah Sakit Islam Surabaya.
Metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian seluruh pasien di Ruang Multazam Rumah Sakit Islam Surabaya sebesar 103 orang. Sampel sebesar 82 responden. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Variabel independent adalah caring perawat dan variabel dependent adalah kepuasan pasien. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan uji statistik chi-square dengan α = 0,05.
Hasil penelitian sebagian besar (52,4%) responden menyatakan caring perawat baik dan sebagian besar (53,7%) menyatakan puas. Hasil uji statistik menggunakan chi-square didapatkan hasil ρ = 0,000 < α (0,05) artinya Ho ditolak, ada hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Multazam Rumah Sakit Islam Surabaya.
Semakin baik caring perawat, maka responden semakin puas. Perawat hendaknya meningkatkan pelayanan dengan penuh caring sehingga meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit Islam Surabaya, dalam meningkatkan kepuasan pasien.
Actions (login required)
|
View Item |