ROFIK, AINUL
(2016)
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH (3-5 TAHUN) TK DHARMA WANITA DESA TORJUN KECAMATAN TORJUNKABUPATEN SAMPANG MADURA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pola asuh memberikan dampak yang tinggi terhadap perkembangan sosial anak prasekolah. Orangtua yang overprotektif akan menghambat perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak prasekolah (3-5 tahun) di TK Dharma Wanita Desa Torjun Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang Madura.
Jenis penelitian analitik croos sectional. Populasi seluruh orangtua dan anak prasekolah sebanyak 30 di TK Dharma Wanita Desa Torjun Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang Madura. Besar sampel 30 responden, diambil dengan Total sampling. Variabel independent pola asuh orangtua, variabel dependent perkembangan sosial. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data
dianalisa menggunakan uji Rank Spearman dengan kemaknaan ɑ = 0,05
Hasil menunjukkan dari 30 responden hanpir setengahnya 40,0 % orangtua
menerapkan pola asuh demokratis dan hampir setengahnya 40,0 % anak memiliki perkembangan sosial tinggi. Uji Rank Spearman didapatkan ρ = 0,003 maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak prasekolah (3-5 tahun) di TK Dharma Wanita Desa Torjun Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang Madura.
Semakin orangtua menerapkan pola asuh yang baik maka anak akan memiliki perkembangan sosial yang baik. Diharapkan bagi orangtua untuk selalu meningkatkan pengetahuan tentang pola asuh yang baik dan tidak selalu ikut campur dalam kegiatan anak namun juga harus memberikan pengawasan agar anak lebih cepat berkembang.
Actions (login required)
|
View Item |