MUCHAROTIM, SITI
(2018)
PENGARUH PEMBERIAN METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN IBU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USAI 3-4 TAHUN DI KEDURUS RT 01 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan bahasa pada anak masih banyak yang mengalami keterlambatan dimasyarakat karena ibu yang belum mampu untuk memberikan stimulasi terhadap anaknya dikarenakan kurangnya pengetahuan dari orang tua yang meliputi asuh, asah, asih, serta stimulasi. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pemberian metode bercerita terhadap kemampuan ibu dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun di Kedurus RT 01
Surabaya.
Desain penelitian analitik pra-expeimental dengan pendekatan one group
pre post test design. Populasinya adalah ibu yang mempunyai anak usia 3-4 tahun dan sampel sebesar 19 orang, menggunakan simple random sampling. Variabel independen yaitu pemberian metode bercerita dan variabel dependen yaitu kemampuan ibu dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test.
Hasil penelitian pre-test menunjukkan sebagian besar 11 ibu (57,9%)
kemampuan ibu kurang baik. Sedangkan hasil dari post-test menunjukkan
sebagian besar 13 ibu (68,4%) kemampuan ibu baik. Hasil uji analisis Wilcoxon
Sign Rank Test α = 0,05 didapatkan nilai ρ = 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh pemberian metode bercerita terhadap kemampuan ibu dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun di Kedurus RT 01
Surabaya.
Kesimpulan penelitian ini bahwa dengan pemberian metode bercerita yang diajarkan kepada ibu dapat meningkatkan kemampuan ibu dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak.
Actions (login required)
|
View Item |