FITRIAH, CHINTANA NUR
  
(2018)
ANALISIS DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL BANAT BEBEKAN TAMAN SIDOARJO.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yang berasal dari luar diri siswa adalah lingkungan keluarga. Dukungan keluarga terutama orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar seorang anak. Apabila dukungan dari orang tua tidak ada, maka anak tidak dapat melakukan proses belajar  dengan  baik.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  menganalisis dukungan keluarga pada siswa kelas V di MI Roudlotul Banat Sidoarjo.
Desain dalam penelitian ini adalah analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Roudlotul Banat Sidoarjo yaitu sebanyak 49 siswa, dengan besar sampel 43 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Data yang telah didapatkan dengan lembar kuesioner kemudian dilakukan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji chi square didapatkan nilai ρ = 0,001 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan instrumental, nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan informasi, nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan penilaian, nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan emosional. Berarti ρ < α, maka H0  ditolak dan H1  diterima yang artinya ada hubungan   antara   dukungan   instrumental,   dukungan   informasi,   dukungan penilaiaan dan dukungan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotul Banat Sidoarjo.
Dari hasil Contingency Coefficient dapat disimpulkan bahwa dukungan emosional lebih dominan terhadap prestasi belajar dan diharapkan agar keluarga mampu memberikan dukungan secara penuh dan seimbang untuk menunjang prestasi anak.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |