FITRIAH, CHINTANA NUR
(2018)
ANALISIS DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL BANAT BEBEKAN TAMAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yang berasal dari luar diri siswa adalah lingkungan keluarga. Dukungan keluarga terutama orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar seorang anak. Apabila dukungan dari orang tua tidak ada, maka anak tidak dapat melakukan proses belajar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dukungan keluarga pada siswa kelas V di MI Roudlotul Banat Sidoarjo.
Desain dalam penelitian ini adalah analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Roudlotul Banat Sidoarjo yaitu sebanyak 49 siswa, dengan besar sampel 43 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Data yang telah didapatkan dengan lembar kuesioner kemudian dilakukan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji chi square didapatkan nilai ρ = 0,001 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan instrumental, nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan informasi, nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan penilaian, nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 untuk dukungan emosional. Berarti ρ < α, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungan antara dukungan instrumental, dukungan informasi, dukungan penilaiaan dan dukungan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotul Banat Sidoarjo.
Dari hasil Contingency Coefficient dapat disimpulkan bahwa dukungan emosional lebih dominan terhadap prestasi belajar dan diharapkan agar keluarga mampu memberikan dukungan secara penuh dan seimbang untuk menunjang prestasi anak.
Actions (login required)
|
View Item |