POLA PEMBELAJARAN MELALUI METODE BERCERITA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA WONOCOLO SURABAYA

SUDARTI, DIAH (2019) POLA PEMBELAJARAN MELALUI METODE BERCERITA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA WONOCOLO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190009_abstract.pdf

Download (738kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21681.html

Abstract

Pembentukan akhlak bukanlah masalah mudah bagi guru atau bunda di PAUD, karena menanamkan teori atau ajaran akhlak perlu adanya perjuangan yang bersifat terus menerus dan kesabaran bagi guru. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pola pembelajaran melalui metode bercerita dalam pembentukan akhlak anak usia dini di PPT Permata Bunda Wonocolo Surabaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan sampel 20 peserta didik PAUD Permata Bunda Wonocolo Surabaya. Metode yang digunakan adalah observasi untuk mendapatkan data tentang berlangsungnya pelaksanaan dan metode wawancara untuk mendapatkan data proses perubahan akhlak yang terjadi setelah penerapan metode bercerita. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif. Dari analisis observasi didapat beberapa pola pembelajaran yang di lakukan oleh subjek penelitian. Isi cerita akan mengarahkan mempengaruhi emosi peserta didik, serta cerita yang disampaikan mengaktifkan dan membangkitkan semangat peseta didik. Setelah akhir cerita peserta didik akan berfikir, mengikuti dengan cara mencontoh perbuatan tokoh yang diceritakan dan merenungkan makna yang ada pada isi cerita, sedangkan analisis wawancara diketahui bahwa secara rata2 cerita yang digunakan di ingat dan membekas dalam jiwa sehingga diingat subjek penelitian. Dan dapat menyimpulkan aspek akhlak pada isi cerita. Dan perilaku subjek cenderung mencontoh akhlak dari tokoh dan alur cerita. Berdasarkan hasil penelitian inidapat disimpulkan bahwa pola pembelajaran dalam metode bercerita sangat cocok untuk pembentukan akhlak pada anak usia dini. Isi cerita akan mengarahkan mempengaruhi emosi peserta didik, serta cerita yang disampaikan mengaktifkan dan membangkitkan semangat peseta didik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSETIAWAN, ARIF HELMINIDN0703037402arif@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Metode Bercerita, Pembentukan Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 17 May 2019 01:34
Last Modified: 01 Dec 2021 06:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item