PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA

CORING, FATMA BABAG (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190002_abstract.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21831.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa inggris kurikulum Cambridge sebelum diberikan multimedia. Untuk menganalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa inggris kurikulum Cambridge setelah diberikan multimedia. Untuk menguji ada tidaknya pengaruh multimedia terhadap hasil belajar siswa. Transformasi pembelajaran dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dapat memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan menambah minat belajar pada siswa, sehingga siswa dapat aktif dalam belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental design. Dimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa inggris kurikulum Cambridge melalui multimedia. Lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jalan Ahmad Yani No. 2-4 Wonokromo Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-D sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode yang digunakan untuk proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes (pre-test dan post test). Teknik Analisis Data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Prasyarat Analisis dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) t hitung = -1.096 < t tabel 1.711 dengan nilai signifikan 0.284 < 0.05 sehingga H0 yang diterima dan H1 yang ditolak hasil belajar siswa belum berkembang sebelum menggunakan multimedia. (2) t hitung = 4.949 < t tabel 1.711 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 sehingga H0 yang ditolak dan H1 yang diterima hasil belajar siswa sudah berkembang setelah menggunakan multimedia. (3) t hitung = -8.729 < t tabel 1.711 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 sehingga H0 yang ditolak dan H1 yang diterima ada pengaruh menggunakan multimedia terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, kurikulum Cambridge, Multimedia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 May 2019 01:56
Last Modified: 12 Apr 2023 06:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item