HUBUNGAN INTENSITAS BULLYING DENGAN HARGA DIRI PADA SISWA DI SMA AL-ISLAM KRIAN

ASMORO, WAHYU WIDI (2015) HUBUNGAN INTENSITAS BULLYING DENGAN HARGA DIRI PADA SISWA DI SMA AL-ISLAM KRIAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-150103_abstract.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-12404.html

Abstract

Banyak siswa di SMA Al-Islam masih menerima perilaku bullying pada 1 tahun terakhir ini. Dari 1800 siswa yang bersekolah di SMA Al-Islam Krian didapatkan dari 2 kelas sejumlah 44 siswa yang berumur 15-16 tahun, 24 siswa kadang-kadang mendapatkan perlakuan bullying, dan 29 siswa diantaranya mengalami harga diri rendah karena perlakuan bullying. Penelitian bertujuan menganalisis hubungan intensitas bullying dengan harga diri pada siswa di SMA Al-Islam Krian. Desain penelitian menggunakan analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 50 responden. Sampel diambil secara simple random sampling sebanyak 44 responden. Variabel independen intensitas bullying, variabel dependen harga diri. Instrumen yang digunakan kuesioner. Pengolahan data dianalisis menggunakan uji statistik Chi-Square, tingkat kemaknaan α=0,05. Hasil penelitian didapatkan intensitas bullying sebagian besar (54,5%) kadang-kadang mendapat perlakuan bullying. Karena perlakuan bullying pada siswa sebagian besar (65,9%) mengalami harga diri rendah. Hasil uji statistik Chi- Square didapatkan p=0,035 < α=0,05 sehingga p<α maka Ho ditolak artinya ada hubungan intensitas bullying dengan harga diri pada siswa SMA Al-Islam Krian. Intensitas bullying berpengaruh terhadap harga diri siswa. Diharapkan siswa di dalam lingkungan sekolah tidak melakukan perbuatan bullying terhadap temanya agar tidak berdampak pada harga diri teman yang menjadi korban bullying tersebut. Lebih baik siswa meningkatkan prestasi belajar daripada melakukan hal yang tidak ada gunaya dan merugikan orang lain.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: siswa, intensitas bullying, harga diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:33
Last Modified: 15 Dec 2016 02:33
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item