SUSANTI, EVI
(2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP KELAS V SDN MARGOREJO VI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Margorejo VI Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB dan VC SDN Margorejo VI Surabaya.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan desember 2018 sampai dengan bulan Febuari
2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest. Validasi penelitian ini adalah validator pakar. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik dengan analisis uji Mann Whitney, karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Margorejo VI Surabaya dengan rata-rata nilai Posttest 86 setelah diberi penerapan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil output “Test Statistics”, yang menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05,
maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai
Pretest dan Posttest serta ada pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa.
Actions (login required)
|
View Item |