STUDI KOMPARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GARISMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SDN MOJOPUROWETAN

HIKMAH, SARIYUL (2019) STUDI KOMPARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GARISMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SDN MOJOPUROWETAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190020_abstract.pdf

Download (463kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22546.html

Abstract

Pembelajaran matematika di SD merupakan salah satu kajian yang selalu menarik untuk dikemukakan karena memiliki karateristik yang berbeda dibandingkan pembelajaran yang lain. Begitu banyak permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran salah satunya yaitu kurang tepatnya penggunaan media, strategi maupun metode pembelajaran. Sehingga sebagai pendidik kita harus bisa merubah permasalahan itu dengan menggunakan pembelajaran yang aktif dan interaktif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa senang dan mudah memahami materi yang dipelajari, khususnya pada pembelajaran matematika materi perkalian guru dapat menerapkan metode Garismatika untuk memudahkan siswa dalam memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi komparasi hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode Garismatika pada kelas II di SDN Mojopurowetan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest dan subyek penelitian sejumlah 17 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa lembar pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode Garismatika. Hasil penelitian ini diharapkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Garismatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas II di SDN Mojopurowetan sebelum dan setelah menggunakan metode Garismatika. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 41,18 yang dikategorikan rendah dan nilai rata-rata pottest sebesar 66,47 yang dikategorikan sedang. Dan hasil perhitungan SPPS Statistics Version 23 for windows 8 diketahui bahwa nilai signifkansi uji-T ˂ 0,05 yaitu 0,019 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDND0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Metode Garismatika, Hasil Belajar, Perkalian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:41
Last Modified: 02 Dec 2021 02:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item