ASTUTIK, SITI ROHMAHWATI DWI
(2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU TEMA 7 KELAS IV SDN PEPELEGI II WARU SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran Think Talk Write yakni model pembelajaran yang melalui berpikir, berbicara, dan menulis pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dua siklus penelitian, dimana setiap siklus difokuskan pada penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada pembelajaran IPS yang berlangsung. Lokasinya di kelas IV SDN Pepelegi II Waru Sidoarjo dan subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 41 siswa yang dilaksanakan bulan Mei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 14 siswa yang tuntas dengan persentase 34,1% dan jumlah siswa yang tidak tuntas adalah sebanyak 27 dengan persentase sebesar 65,8% yang mendapatkan nilai ≤ KKM (75). Sedangkan siklus II jumlah siswa yang belum tuntas adalah sebanyak 7 siswa dengan persentase
17% dan siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa dengan persentase 82,9% memperoleh nilai ≥ KKM (75). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |