IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI KELAS VB SDN DR. SOETOMO V/327 SURABAYA

HERNANTO, MEILINDA ALIFAH PUTRI (2019) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI KELAS VB SDN DR. SOETOMO V/327 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190028_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22997.html

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh menurunnya minat baca siswa, terbukti bahwa siswa lebih memilih bermain gadget daripada membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa dan tantangan dalam penerapannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai meliputi: kepala sekolah, wali kelas VB, pegawai perpustakaan dan siswa kelas VB. Teknik analisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas, uji tranferabilitas, pengujian dependabilitas, dan pengujian konfirmabilitas. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, implementasi gerakan literasi sekolah di SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan program pemerintah. Selain itu juga mempunyai program sendiri dalam menunjang gerakan literasi sekolah. Di SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya mempunyai program tantangan dalam penerapannya yaitu program tantangan membaca dan tantangan menulis. Tantangan untuk guru yaitu lebih bekerja keras untuk menumbuhkan minat baca siswa, karena kesadaran membaca siswa di sekolah tersebut masih belum membudaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasiyun, SuharmonoNIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:36
Last Modified: 12 Apr 2023 07:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5424

Actions (login required)

View Item View Item