MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN PASIR KINETIK PADA ANAK UIA 2-3TAHUN DI PPT CEMPAKA RUNGKUT SURABAYA

IMAROH, LAILATUL (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN PASIR KINETIK PADA ANAK UIA 2-3TAHUN DI PPT CEMPAKA RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190058_abstract.pdf

Download (942kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22979.html

Abstract

Kemampuan mengenal warna anak usia 2-3 tahun di PPT Cempaka Rungkut Surabaya belum berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode bermain pasir kinetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah anak usia 2-3 tahun di PPT Cempaka sebanyak 10 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengenal warna melalui metode bermain pasir kinetik.Pada pra siklus kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) 0%, siklus I pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 20%, dan siklus II pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 80%. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode bermain pasir kinetik pada anak usia 2-3 tahun di PPT Cempaka Rungkut Surabaya. Disarankan bagi guru, untuk memperbaiki pembelajaran agar dapat mengembangkan penerapan pengembangan kognitif anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMAIMUNAH, SITINIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Mengenal warna, metode bermain, pasir kinetik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 30 Aug 2019 03:21
Last Modified: 01 Dec 2021 08:43
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item