HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN ANGKATAN 2010 DI FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

PUTRO, DIMAS TRIYONO (2014) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN ANGKATAN 2010 DI FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-140059_abstract.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-10141.html

Abstract

Gaya belajar merupakan cara yang sifatnya individu untuk memperoleh dan menyerap informasi dari lingkungannya, termasuk lingkungan belajar. Pada kenyataannya gaya belajar mahasiswa yang kurang maksimal menyebabkan mahasiswa mendapatkan nilai yang tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan gaya belajar mahasiswa dengan prestasi belajar pada mahasiswa S1 keperawatan angkatan 2010 di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Rancangan penelitian ini menggunakan metode cross sectiona, populasi penelitian ini sebanyak 51 mahasiswa S1 keperawatan angkatan 2010. Pengambilan secara simple randem sampling, sehingga didapat 45 responden. Variabel Independen penlitian ini adalah gaya belajar dan Variabel Dependent prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan α = 0,05. Hasil penelitian dari 45 responden hampir seluruhnya (91,3%) memiliki gaya belajar reflektif dan hampir seluruhnya (77,3%) memperoleh prestasi sangat memuaskan. Uji analisis berdasarkan uji Mann-Whitney didapatkan nilai ρ = 0,002. Simpulan dari penelitian ini ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya angkatan 2010. Diharapkan bagi mahasiswa agar selalu meningkatkan gaya belajar dan kualitas belajar yang akan membantu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa serta selalu menanamkan keyakinan dan fokus akan tujuan yang merupakan pemberi arah pada perilaku dan pencapaian prestasi yang memuaskan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 16 Dec 2016 00:04
Last Modified: 16 Dec 2016 00:04
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item