ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN MASALAH KEPERAWATAN KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI KURANG DARI KEBUTUHAN TUBUH (STUDI DENGAN DIAGNOSA MEDIS DIABETES MELLITUS DI RSI A.YANI SURABAYA)

ARDIANSYAH, ADYTIA (2016) ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN MASALAH KEPERAWATAN KETIDAKSEIMBANGAN NUTRISI KURANG DARI KEBUTUHAN TUBUH (STUDI DENGAN DIAGNOSA MEDIS DIABETES MELLITUS DI RSI A.YANI SURABAYA). [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT-KP-160090_abstract.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-14470.html

Abstract

Survey menunjukan di Ruang Multazam CW (wanita) pada tanggal 29 juni sampai 1 juli 2016 terdapat 6 orang yang menderita Diabetes Mellitus, dari angka tersebut 50% mengalami ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh ditandai dengan lemas, pucat dan tidak dapat melakukan aktifitas. Tujuan penelitian adalah melakukan asuhan keperawatan pada klien dengan masalah keperawatan ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh pada penderita Diabetes Mellitus. Ruang Multazam RSI A.Yani Surabaya yang digunakan untuk studi kasus mengambil data dua orang pasien di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya Ruang Multazam CW (Wanita) selama 3 hari pengamatan. Pengumpulan data meliputi tahap pengkajian yang dilakukan terdiri dari wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, mendapatkan informasi dari pasien, keluarga, perawat dan rekam medis yang berkaitan dengan maslah yang diteliti. Hasil dari penelitian studi kasus yaitu masalah keperawatan ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh dengan diagnosis medis Diabetes Mellitus dengan memperhatikan asupan makanan jumlah kalori, jadwal makanan, jenis makanan dan setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 hari nutrisi kembali seimbang dengan menganjurkan mematuhi diet yang telah diberiakan, menurunkan kadar gula dalam batas normal, menurunkan gula darah urine menjadi negatif, mencapai berat badan normal. Kesimpulan dari studi kasus ini setelah dilakukan asuhan keperawatan pada klien diabetes mellitus dengan ketidakseimbangan nutrisi kurang dapat teratasi dengan hasil nutrisi kembali seimbang, mematuhi diit yang telah diberikan sesuai dengan prinsip 3J (Jumlah, Jenis, jadwal) dapat mengontrol gula darah, mau melakukan olahraga ringan sesuai kemampuan, saran untuk penderita diabetes mellitus yaitu menganjurkan untuk mematuhi diit yang diberikan, dapat mengontrol gula darah, rajin berolahraga.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, Ketidakseimbangan Nutrisi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:53
Last Modified: 16 Dec 2016 02:53
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item