Kesesuaian Pengajaran Sastra dalam Buku Teks Kelas X Kurikulum 2013 Menuju Abad 21: Perspektif Pengajaran Sastra Moody

Susanto, Rudi Umar (2019) Kesesuaian Pengajaran Sastra dalam Buku Teks Kelas X Kurikulum 2013 Menuju Abad 21: Perspektif Pengajaran Sastra Moody. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (6). pp. 1273-1281. ISSN 2580-8435

[img]
Preview
PDF
Kesesuaian Pengajaran Sastra dalam Buku Teks Kelas X Kurikulum 2013 Menuju Abad 21; Perspektif Pengajaran Sastra Moody.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/ar...

Abstract

Dalam penerapan prinsip implementasi pembelajaran dalam perspektif apresiasi sastra, prinsip-prinsip dalam pembelajaran sastra memiliki tujuan sebagai sarana untuk peningkatan kepekaan terhadap cinta terhadap budaya bangsa Indonesia. Selain itu, pembelajaran sastra dapat memberikan kepuasan rohani serta pemahaman niali dalam berbahasa. Pembelajaran sastra bukan semata-matapelajaran sejarah, aliran, dan teori sastra melainkan implementasi dari kesemua unsur tersebut. Secara garis besar, fokus dalam pembelajaran sastra dapat dilihat melalui dua aspek. Hal ini akan memberikan gambaran seperti apa wujud pembelajaran apresiasi sastra di masa kini. Fokus tersebut dapat dilihat secara umum maupun secara implementasi di tingkat kurikulum yang ada di setiap sekolah. Secara umum tujuan pembelajaran dalam perspektif sastra bertujuan agar siswa dalam memperoleh pengalaman baru dalam menikmati sebuah karya sastra serta memperoleh sebuah pengetahuan dalam karya sastra. Karya sastra merupakan perwujudan dari esensi sebuah kernyataan yang ditorehkan dalam sebuah karya. Tulisan ini menggali korelasi antara hubungan pengajaran sastra dalam buku teks kelas X kurikulum 2013 menuju abad 21: perspektif pengajaran sastra moody. Selain itu, adanya kesiapan dalam menutupi sebuah kelemahan dalam setiap pelaksanaan pembelajaran sastra dan bahasa. Dalam implementasi di dunia pendidikan khususnya pembelajaran bahasa dan sastra di era globalisasi saat ini, perlunya sebuah rambu-rambu atau aturan untuk menerapkan kaidah-kaidah yang sesuai, hal ini bertujuan sebagai perhatian bagi setiap guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengajaran sastra, buku teks, abad 21, pendekatan moody
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:56
Last Modified: 30 Dec 2019 03:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5827

Actions (login required)

View Item View Item