MANZIL, AYU NILNA LIIZZA DIANA and Taufiq, Mohammad and Hartatik, Sri and Nafiah, . (2019) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Kearifan Lokal. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (4). pp. 81-91. ISSN 2521-5594
|
PDF
Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Kearifan.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review sri hartatik.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review nafiah.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin sri hartatik.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin nafiah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dalam penerapan Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan 1 kelas dengan jumlah 40 siswa, menggunakan uji coba pre eksperimen yaitu “One Group Pretest-Posttest”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes pretest dan posttest. Untuk mengetahui adanya pengaruh dapat dibuktikan dengan di uji menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Berdasarkan output “Test Statistics” dapat diketahui bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan posttest dan terdapat adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan materi ekosistem kearifan lokal. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dengan materi ekosistem kearifan lokal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis siswa, model pembelajaran, problem based learning |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 06:02 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 03:55 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6503 |
Actions (login required)
View Item |