Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Kearifan Lokal

MANZIL, AYU NILNA LIIZZA DIANA and Taufiq, Mohammad and Hartatik, Sri and Nafiah, . (2019) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Kearifan Lokal. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (4). pp. 81-91. ISSN 2521-5594

[img]
Preview
PDF
Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Kearifan.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin sri hartatik.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/artic...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dalam penerapan Problem Based Learning terhadap berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan 1 kelas dengan jumlah 40 siswa, menggunakan uji coba pre eksperimen yaitu “One Group Pretest-Posttest”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes pretest dan posttest. Untuk mengetahui adanya pengaruh dapat dibuktikan dengan di uji menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Berdasarkan output “Test Statistics” dapat diketahui bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan posttest dan terdapat adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan materi ekosistem kearifan lokal. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dengan materi ekosistem kearifan lokal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis siswa, model pembelajaran, problem based learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:02
Last Modified: 22 Jun 2022 03:55
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item