KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Hartatik, Sri and Nafiah, . (2020) KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5 (1). pp. 32-42. ISSN 2541-0156

[img]
Preview
PDF
KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/articl...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan numerasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2019 dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah yang diberikan sebanyak 2 soal. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan sebanyak sebanyak 31 orang adalah mahasiswa yang sudah berkerja sebagai guru sekolah dasar yang tersebar di Jawa Timur dan Madura. Kemampuan Numerasi adalah fokus kepada kemampuan siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, dan menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah matematika dalam berbagai bentuk dan situasi (PISA). Hasil dari penelitian ini adalah untuk soal 1, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,7, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1,3 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 1,37. Untuk soal 2, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,4, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 0,9. Hasil dari analisa kedua soal, kemampuan terendah mahasiswa PPG SD daljab dalam menyelesaikan masalah matematika adalah kemampuan dalam menggunakan simbol atau angka terkait matematika dalam menyelesaikan masalah sehari hari. Sebagian besar mahasiswa PPG SD banyak melakukan kesalahan dalam penulisan angka dan simbol dalam menyelesaikan masalah matematika padahal maksud yang ingin mereka sampaikan sudah benar sehingga akan menimbulkan miskonsepsi bagi yang membaca hasil penyelesaian masalah mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi , Masalah matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:50
Last Modified: 22 Jun 2022 03:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item