PUTRI, YUNDA ANDITA
(2021)
PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA PERMAINAN KAHOOT DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN MAKANAN TRADISIONAL PADA REMAJA SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Seiring berkembangnya zaman makanan tradisional mulai semakin jarang
dijumpai. Tujuan dari pennelitian ini yaitu memberi edukasi pada generasi muda
agar tetap mencintai makanan tradisional serta kandungan gizinya dengan cara
memberikan edukasi melalui media permainan kahoot dan audiovisual tentang
makanan tradisional pada remaja. Metode penelitian ini diambil sampel sebanyak
92 yang dibagi menjadi 2 kelomppok intervensi dan kelompok kontrol masing –
masing kelompok terdapat 46 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
dengan menggunakan media permainan kahoot dan audiovisual mampu
memberikan peningkatan terhadap pengetahuan makanan tradisional pada remaja
setelah dilakukan edukasi mendapatkan hasil (p 0,000) sedangkan edukasi yang
dilakukan menggunakan media audiovisual tidak terdapat peningkatan
pengetahuan makanan tradisional pada remaja setelah dilakukan edukasi
mendapatkan hasil (p 0,058). Edukasi menggunakan media permainan kahoot dan
audiovisual mampu memberikan peningkatan pengetahuan makanan tradisional
pada remaja yang dikarenakan media yang digunakan mampu menarik minat
responden dan tidak membosankan. Sehingga media permainan kahoot dan
audiovisual sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan. Diharapkan adanya
penelitian lebih lanjut terkait faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengetahuan
makanan tradisional pada remaja.
Actions (login required)
|
View Item |