MANILATURROHMAH, MANILATURROHMAH
(2021)
APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR MEMBACA AL QUR-AN PADA ANAK USIA DINI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI TPQ AT TAQWA WATES NEGORO MOJOKERTO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pengaruh teknologi dapat memberikan dampak kepada lingkungan bagi anak usia dini
terutama dalam penggunaan Android yang digunakan hanya untuk bermain. Proses
pembelajaran yang menarik kini dibutuhkan bagi anak usia dini terutama pada
pendidikan non formal yaitu Taman Pendidikan Al – Qur’an (TPQ). Salah satu
pembelajaran yang dibutuhkan adalah dalam memahami dasar membaca Al – Qur’an
yaitu Harakat dan Huruf Hijaiyah. Harakat ada 8 jenis dan Huruf Hijaiyah ada 28.
Salah satu caranya adalah membuat aplikasi dalam bentuk mobile sehingga penelitian
ini merancang aplikasi berbasis Augmented Reality didefinisikan sebagai teknologi
yang menggabungkan 2D atau 3D kedalam sebuah bentuk lingkungan dunia nyata.
kemudian dapat memunculkan secara real time. Software yang digunakan dalam
membangun sistem ini adalah unity, blander dan Vuforiya SDK dan android yang
menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode marker. Aplikasi
dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi android. Dari hasil pengujian
yang menggunakan Blackbox testing, aplikasi dapat berjaan sesuai kebutuhan dan
keinginan pada anak usia dini di TPQ AT – Taqwa. Aplikasi dapat berjalan
menggunakan android v.10 keatas. Pengujian juga dilakukan terhadap ustdzah yang
berjumlah 4 orang dan anak usia dini yang berjumlah 65 orang di TPQ Taqwa Wates
Negoro Mojokerto. Dari hasil pengujian murid anak usia dini merasa aplikasi yang
berbasis Augmented Reality sangat membantu sebagai media pembelajaran
sehingga murid senang untuk belajar menggunakan aplikasi pembelajaran dasar
membaca Al – Qur’an berbasis Augmented Reality
Actions (login required)
|
View Item |