APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR MEMBACA AL QUR-AN PADA ANAK USIA DINI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI TPQ AT TAQWA WATES NEGORO MOJOKERTO

MANILATURROHMAH, MANILATURROHMAH (2021) APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR MEMBACA AL QUR-AN PADA ANAK USIA DINI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI TPQ AT TAQWA WATES NEGORO MOJOKERTO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IF-210008_abstract.pdf

Download (886kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30250.html

Abstract

Pengaruh teknologi dapat memberikan dampak kepada lingkungan bagi anak usia dini terutama dalam penggunaan Android yang digunakan hanya untuk bermain. Proses pembelajaran yang menarik kini dibutuhkan bagi anak usia dini terutama pada pendidikan non formal yaitu Taman Pendidikan Al – Qur’an (TPQ). Salah satu pembelajaran yang dibutuhkan adalah dalam memahami dasar membaca Al – Qur’an yaitu Harakat dan Huruf Hijaiyah. Harakat ada 8 jenis dan Huruf Hijaiyah ada 28. Salah satu caranya adalah membuat aplikasi dalam bentuk mobile sehingga penelitian ini merancang aplikasi berbasis Augmented Reality didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan 2D atau 3D kedalam sebuah bentuk lingkungan dunia nyata. kemudian dapat memunculkan secara real time. Software yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah unity, blander dan Vuforiya SDK dan android yang menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode marker. Aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi android. Dari hasil pengujian yang menggunakan Blackbox testing, aplikasi dapat berjaan sesuai kebutuhan dan keinginan pada anak usia dini di TPQ AT – Taqwa. Aplikasi dapat berjalan menggunakan android v.10 keatas. Pengujian juga dilakukan terhadap ustdzah yang berjumlah 4 orang dan anak usia dini yang berjumlah 65 orang di TPQ Taqwa Wates Negoro Mojokerto. Dari hasil pengujian murid anak usia dini merasa aplikasi yang berbasis Augmented Reality sangat membantu sebagai media pembelajaran sehingga murid senang untuk belajar menggunakan aplikasi pembelajaran dasar membaca Al – Qur’an berbasis Augmented Reality

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurniastuti, ImaNIDN0718059002ima.kurniastuti@unusa.ac.id
Thesis advisorBudiarti, Rizqi Putri NourmaNIDN0716068404rizqi.putri.nb@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Harakat dan Huruf Hijaiyah, Pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Technique > Program Study of Information Systems
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:24
Last Modified: 16 Jan 2024 09:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6992

Actions (login required)

View Item View Item