HUSNIYAH, DEANITA JAUHAROTUL
(2021)
THE USE OF MIND MAPPING TECHNIQUE IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT ON TENTH GRADE OF SENIOR HIGH SCHOOL.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Husniyah, Deanita Jauharotul. 2021. The Use of Mind Mapping Technique in Writing
Descriptive Text on Tenth Grade of Senior High School.Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing: Novi Rahmania
Aquariza, S.Pd.I. M.Pd.
Berdasarkan observasi awal yang sudah dilakukan, penulis menemukan beberapa
permasalahan siswa dalam menulis teks. Sebagian dari mereka tidak bisa mengeluarkan
ide-ide mereka dalam bentuk tulisan dan mereka juga bingung untuk memulai membuat
paragaraf. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai
permasalahan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana teknik mind mapping
diterapkan pada siswa dan membawa perubahan yang lebih baik dalam keterampilan
menulis teks deskriptif siswa kelas X SMA. Oleh karena itu, desain penelitian ini adalah
desain penelitian kualitatif. Sementara itu, penelitian ini berfokus untuk memudahkan
siswa dalam meningkatkan kemampuan menulisnya. Dengan teknik mind mapping ini,
siswa akan lebih mudah mengungkapkan idenya secara tertulis.
Data dalam penelitian ini berupa informasi melalui observasi dan wawancara.
Tahap pertama adalah observasi selama guru menerapkan pembelajaran menulis teks
deskriptif dengan teknik mind mapping. Pada tahap kedua, sesi wawancara, peneliti
melakukan wawancara intens dengan guru dan siswa setelah observasi. Desain penelitian
ini adalah kualitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA terlihat sangat antusias saat guru
menjelaskan materi teks deskriptif menggunakan teknik mind mapping. Hal tersebut bisa
terjadi karena guru bisa menjelaskan materi teks deskriptif menggunakan teknik mind
mapping dengan sangat baik, guru mampu memberikan pemahaman kepada siswa bahwa
menggunakan teknik mind mapping ini bisa memudahkan mereka untuk menulis. Dilihat
dari hasil kerja siswa, mereka bisa dengan baik membuat teks deskriptif melalui proses
mind mapping dan hasilnya juga cukup memuaskan. Siswa merasa menemukan hal yang
membuat mereka lebih mudah untuk menulis dengan baik.
Actions (login required)
|
View Item |