KHOTIMAH, KUSNUL
(2021)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM MEMBILANG ANGKA MELALUI KEGIATAN MENEMPEL KANCING BAJU PADA KAIN FLANEL DI TK BUDI JAYA ASEM JAYA KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kusnul Khotimah. 2021. Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 45
tahun
dalam
membilang
angka
melalui
kegiatan
menempel
kancing
baju
pada
kain flanel di TK Budi Jaya Asem Jaya Kota Surabaya. Skripsi.
Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pendidikan anak usia dini dapat membantu anak mencapai tahap perkembangan
terbaik sesuai usia dan kemampuannya. Perkembangan atau stimulus yang perlu
difokuskan adalah perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif berfokus pada
kemampuan anak untuk dapat memahami berbagai hal termasuk proses memori,
pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Namun dalam realitisnya,
perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Budi Jaya belum berkembang
dalam membilang angka 1-10 sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia 4-5
tahun dalam membilang angka melalui kegiatan menempel kancing baju pada
kain flanel di TK Budi Jaya Asem Jaya Kota Surabaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus. Setiap siklus
nya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat
pengumpulan data menggunakan teknik Observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian yang didapat oleh peneliti telah terbukti mampu mengamalami
peningkatan. Saat Pra siklus memperoleh persentase sebesar 30% kemudian
meningkat pada Siklus I sebesar 48% dan ketika dilanjut pada Siklus II meningkat
menjadi sebesar 87% dilakukan secara individu. Kesimpulan penelitian ini
menunjukkan bahwa kegiatan menempel kancing baju pada kain flanel dapat
membantu anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun
dalam membilang angka di TK Budi Jaya Asem Jaya Kota Surabaya berkembang
dengan baik. Disarankan kepada pendidik untuk memberikan kegiatan yang
menarik minat anak agar mudah tertarik dalam suatu pembelajaran yang
menyenangkan sehingga terpenuhnya hasil pembelajaran yang lebih optimal.
Actions (login required)
|
View Item |