UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM MEMBILANG ANGKA MELALUI KEGIATAN MENEMPEL KANCING BAJU PADA KAIN FLANEL DI TK BUDI JAYA ASEM JAYA KOTA SURABAYA

KHOTIMAH, KUSNUL (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM MEMBILANG ANGKA MELALUI KEGIATAN MENEMPEL KANCING BAJU PADA KAIN FLANEL DI TK BUDI JAYA ASEM JAYA KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210036_abstract.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29112.html

Abstract

Kusnul Khotimah. 2021. Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 45 tahun dalam membilang angka melalui kegiatan menempel kancing baju pada kain flanel di TK Budi Jaya Asem Jaya Kota Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pendidikan anak usia dini dapat membantu anak mencapai tahap perkembangan terbaik sesuai usia dan kemampuannya. Perkembangan atau stimulus yang perlu difokuskan adalah perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif berfokus pada kemampuan anak untuk dapat memahami berbagai hal termasuk proses memori, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Namun dalam realitisnya, perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Budi Jaya belum berkembang dalam membilang angka 1-10 sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam membilang angka melalui kegiatan menempel kancing baju pada kain flanel di TK Budi Jaya Asem Jaya Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus. Setiap siklus nya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan teknik Observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti telah terbukti mampu mengamalami peningkatan. Saat Pra siklus memperoleh persentase sebesar 30% kemudian meningkat pada Siklus I sebesar 48% dan ketika dilanjut pada Siklus II meningkat menjadi sebesar 87% dilakukan secara individu. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menempel kancing baju pada kain flanel dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam membilang angka di TK Budi Jaya Asem Jaya Kota Surabaya berkembang dengan baik. Disarankan kepada pendidik untuk memberikan kegiatan yang menarik minat anak agar mudah tertarik dalam suatu pembelajaran yang menyenangkan sehingga terpenuhnya hasil pembelajaran yang lebih optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMariati, PanceNIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kognitif, lambang bilangan, menempel kancing baju pada kain flanel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:07
Last Modified: 19 Jan 2022 04:07
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item