MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI ALAT PERAGA BONEKA TANGAN DI KELOMPOK A RA ANNUR PILANG WONOAYU SIDOARJO

HIDAYAH, NURUL (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI ALAT PERAGA BONEKA TANGAN DI KELOMPOK A RA ANNUR PILANG WONOAYU SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210056_abstract.pdf

Download (632kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29213.html

Abstract

Nurul Hidayah. 2021 Meningkatkan kemampuan bercerita melalui alat peraga boneka tangan di kelompok A RA Annur Pilang Wonoayu Sidoarjo Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan anak usia dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kegiatan cerita yang dilakukan guru RA Annur terhadap siswa kelompok A yang kurang memenuhi hasil kompetensi yang diharapkan. Karena dari 20 anak 75 % belum mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru serta belum mampu mampu menceritakan kembali isi cerita yang didengar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media boneka tangan terhadap kemampuan bercerita anak kelompok A di RA Annur Pilang Wonoayu Sidoarjo. Metode yang digiunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Penulis akan mendeskripsikan hasil kegiatan berdasarkan penelitian yang dilakukan Pengumpulan data penelitian ini menggunakan 2 siklus, sebelum siklus pertama dilakukan, peneliti harus mengetahui perkembangan bercerita anak dari guru kelas atau nilai awal. Setiap siklus dilakukan 2x pertemuan untuk mencapai nilai rata-rata yang ditetapkan yaitu lebih besar dari 80%. Pada siklus 1 pertemuan 1 dan 2 nilai rata-rata yang diperoleh 51.8% pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 diperoleh nilai rata-rata 80.6%. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari nilai pra siklus 43.75% siklus 1 51.8% dan siklus 2 meningkat menjadi 80.6%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bercerita menggunakan media boneka tangan bisa meningkatkan kemampuan bercerita kelompok A di RA Annur Pilang Wonoayu Sidoarjo. Saran bagi guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pembelajaran, orang tua harus memahami bahwa anak mempunyai kemampuan yang berbeda beda sedang bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa menambahkan kekurangan kekurangan yang ada pada penelitian ini.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardiningrum, AndiniNIDN0703109202andinihardiningrum@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bercerita dengan media boneka tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:27
Last Modified: 19 Jan 2022 07:27
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7182

Actions (login required)

View Item View Item