PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZ-ZAHROH DESA DAMARSI SIDOARJO

SHOLICHAH, AL BAQIATUS (2021) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZ-ZAHROH DESA DAMARSI SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210079_abstract.pdf

Download (412kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29556.html

Abstract

Sholichah, Al Baqiatus 2021. “ Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pengembangan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Az-Zahroh Damarsi Surabya”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Metode demonstrasi adalah kegiatan yang dapat memberi ilustrai dalam menjelaskan informasi kepada anak. Untuk melalui metode ini anak-anak diharapkan dapat mengenal langkah-langkah pelaksanaan dalam melaksanakan kegiatan. Metode serta media pembelajaran yang menarik digunakan di TK Az-zahroh Dan jarang digunakan di sekolah lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pengembangan sains serta faktor penghambat dari pengembangan sains: keterbatasan guru dalam pembelajaran sains. masih minimnya kemampuan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif diskriptif. Alat pengumpulan data dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Teknik wawancara. Hasil penelitian merupakan lebih dari separuh anak memiliki pengembangan sains yang sangat baik atau mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB) yang ditandai dengan anak dapat menceritakan ketika warna di campur, anak dapat mencoba memasukkan benda terapung tenggelam kedalam air, anak dapat mengenal benda larut dan tidak larut dan seperempat anak belum berkembang dipengaruhi oleh kurangnya pemahan anak, kurangnya fokus dalam belajar, kurangnya minat belajar pada anak. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran melalui penerapan metode demonstrasi pada pengembangan sains di TK Az-zahroh Sidoarjo dilakuan melalui 3 tahap yaitu perencanan, pelaksaan, dan evaluasi yang dilalukan dengan baik dan hasil yang memuaskan. Disarankan kepada guru, lembaga dan peneliti selanjutnya yang sangat menunjang dalam perkembangan kognitif melalui pembelajaran pengembangan sains.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, penerapan, Pengembangan Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:55
Last Modified: 12 Apr 2023 04:58
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item