MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN PIRING ANGKA PADA KELOMPOK A DI TK SETYA HARAPAN SURABAYA

AGISTIN, AMIK (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN PIRING ANGKA PADA KELOMPOK A DI TK SETYA HARAPAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210081_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29585.html

Abstract

Agistin, Amik. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Permainan Piring Angka Pada Kelompok A di TK Setya Harapan Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kelompok A anak usia 4-5 dalam berhitung di TK Setya Harapan Surabaya dalam berhitung dan membilang angka 1-10. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, apakah permainan piring angka dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A usia 4-5 dalam berhitung 1-10 di TK Setya Harapan kecamatan Dukuh Pakis Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti dilakukan dilingkungan sekolah. Hasil yang didapatkan pada siklus pertama pencapaian 53,3% dan masuk kategori Belum Berkembang (BB) meningkat pada siklus kedua dengan pencapaian 85%, masuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan piring angka dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-10 pada anak didik kelompok A TK Setya Harapan Surabaya, dan disarankan para guru dapat berkreasi menciptakan permainan-permainan edukatif bervarian sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: membilang 1-10, bermain, piring angka, berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:05
Last Modified: 20 Jan 2022 02:05
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7264

Actions (login required)

View Item View Item