AGISTIN, AMIK
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN PIRING ANGKA PADA KELOMPOK A DI TK SETYA HARAPAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Agistin, Amik. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui
Permainan Piring Angka Pada Kelompok A di TK Setya Harapan Surabaya.
Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kelompok A
anak usia 4-5 dalam berhitung di TK Setya Harapan Surabaya dalam berhitung
dan membilang angka 1-10. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, apakah
permainan piring angka dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A usia
4-5 dalam berhitung 1-10 di TK Setya Harapan kecamatan Dukuh Pakis Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas yang
dilakukan oleh peneliti dilakukan dilingkungan sekolah.
Hasil yang didapatkan pada siklus pertama pencapaian 53,3% dan masuk
kategori Belum Berkembang (BB) meningkat pada siklus kedua dengan
pencapaian 85%, masuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan piring angka dapat meningkatkan kemampuan
membilang 1-10 pada anak didik kelompok A TK Setya Harapan Surabaya, dan
disarankan para guru dapat berkreasi menciptakan permainan-permainan edukatif
bervarian sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar.
Actions (login required)
|
View Item |