FIRMANA, RENY
(2021)
PENINGKATAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA DI RA AL KHOIRIYAH BUDURAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Fimana, Reny.2021. Peningkatan Berhitung Pada Anak Kelompok A Melalui
Permainan Balok Angka Di RA Al Khoiriyah Buduran
Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(UNUSA).
Latar Belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan observasi di RA Al
Khoiriyah Buduran mengenai proses pembelajaran matematika khususnya pada
aspek kemampuan berhitung RA Al Khoiriyah Buduran masih menekankan
pengajaran yang berpusat pada guru.Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengevaluasi peningkatan dalam kemampuan berhitung melalui
Permainan Balok Angka pada anak Kelompok A di RA Al Khoiriyah
Buduran.Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat penelitiannya yaitu
penelitian secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi partisipasi dan studi dokumenter. Setelah penelitian melalui
permainan balok angka pada kegiatan berhitung di kelompok A RA Al Khoiriyah
mengalami peningkatan terlihat dalam hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil
penelitian ini berdasarkan teknik pengumpulan data melalui hasil kegiatan
pembelajaran dan aktivitas siswa yang dilakukan siklus II mencapai rata-rata 80
maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan berhitung melalui permainan balok angka
sudah meningkat Simpulan secara umum, penelitian yang dilakukan untuk
menganalisis Kemampuan berhitung kelompok A RA Al Khoiriyah mengalami
peningkatanKemampuan berhitung melalui permainan balok angka dapat dilihat
melalui aktivitas siswa. Siswa kelompok A pada Prasiklus dikatakan MB (Mulai
Berkembang) dengan nilai rata-rata 65,25. Disimpulkan bahwa kegiatan berhitung
melalui permainan balok angka sudah meningkat
Actions (login required)
|
View Item |