HAFNA, NUR SAFIRAH
(2021)
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI 1 YPBWI KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Keterampilan berbicara anak merupakan salah satu perkembangan bahasa
anak dalam proses pembelajaran, keterampilan berbicara merupakan kebutuhan
anak, digunakan untuk mengungkapkan keinginan, perasaan, dan berkomunikasi
dengan orang lain atau teman. Keterampilan berbicara sangat berguna untuk
berkomunikasi dan berinteraksi dalam masyarakat. Dengan keterampilan
berbicara, anak dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara lisan sesuai
dengan lingkungan dan situasi saat berbicara.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidaknya pengaruh
penggunaan buku cerita bergambar terhadap keterampilan berbicara anak di TK
Islam Bakti 1 YPBWI Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Pre-Eksperimental. Disain
yang digunakan adalah tipe one group pre-test post-test desaign. Jumlah sampel
adalah 10 anak yang pada kelompok A di TK Islam Bakti 1 YPBWI Kecamatan
Gresik Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data digunakan lembaran
observasi. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan dari hasil rumus uji-t disimpulkan bahwa dalam keterampilan
berbicara anak dengan menggunakan media buku cerita bergambar meningkat
dapat dilihar dari perbandingan pre-test dan post-test, membandingkan besarnya t
yang penulis peroleh ( =9,2>2.26) dan besarnya “t” lebih besar dari . Karena
lebih besar dari , maka hipotesis alternatif ( ) diterima. Maka dapat
disimpukan bahwa metode bercerita dengan menggunkan media buku cerita
bergambar berpengaruh untuk keterampilan berbicara anak di TK Islam Bakti 1
YPBWI Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik.
Actions (login required)
|
View Item |