PUSFITA, NIARTA DWI
(2021)
HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KECEMASAN ORANG TUA SAAT PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SD DI RW 01 DESA GADUNG GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Adanya pandemi Covid-19 membuat semua sarana mati atau di tutup
sementara, termasuk kegiatan belajar mengajar menetapkan status keadaan tertentu
darurat bencana wabah Virus Corona (Covid-19). Terutama siswa dapat belajar
dirumah, demi keamanan dan kesehatan kita semua, hal ini tentunya berdampak
untuk orang tua, dimana orang tua harus memberikan pembelajaran pada anaknya
di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan
tipe kepribadian dengan kecemasan orang tua saat pendampingan pembelajaran
daring pada anak SD di RW 01 Desa Gadung, Gresik.
Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebesar 68 orang
dan besar sampel sebanyak 58 orang dengan menggunakan teknik simpel random
sampling. Variabel independen adalah dukungan sosial dan tipe kepribadian,
variabel dependen adalah kecemasan orang tua saat pendampingan daring.
Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji
Korelasi Rank Spearman, Regresi Logistik Ordinal dengan nilai kemaknaan α =
0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 58 responden sebagian besar
(55,2%) memiliki dukungan sosial rendah, hampir setengahnya (39,7%) tipe
kepribadian introvert dan hampir setengahnya (46.6%) memiliki tidak ada
kecemasan. Hasil Uji Rank - Spearman hubungan antara dukungan sosial dengan
kecemasan diperoleh (ρ = 0,005), hubungan tipe kepribadian dengan kecemasan
diperoleh (ρ = 0,001) dan hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan
diperoleh (ρ = 0,003).
Pentingnya dukungan sosial untuk orang tua saat pendampingan pembelajaran
daring dapat meningkatkan dukungan sosial yang lebih baik dan bersosialisasi
dengan tetangga lainnya. Orang tua juga merasa melalui pembelajaran di rumah,
orang tua dapat melihat perkembangan anaknya dalam belajar
Actions (login required)
|
View Item |