HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KECEMASAN ORANG TUA SAAT PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SD DI RW 01 DESA GADUNG GRESIK

PUSFITA, NIARTA DWI (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KECEMASAN ORANG TUA SAAT PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SD DI RW 01 DESA GADUNG GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-210045_abstract.pdf

Download (643kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29070.html

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 membuat semua sarana mati atau di tutup sementara, termasuk kegiatan belajar mengajar menetapkan status keadaan tertentu darurat bencana wabah Virus Corona (Covid-19). Terutama siswa dapat belajar dirumah, demi keamanan dan kesehatan kita semua, hal ini tentunya berdampak untuk orang tua, dimana orang tua harus memberikan pembelajaran pada anaknya di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan tipe kepribadian dengan kecemasan orang tua saat pendampingan pembelajaran daring pada anak SD di RW 01 Desa Gadung, Gresik. Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebesar 68 orang dan besar sampel sebanyak 58 orang dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Variabel independen adalah dukungan sosial dan tipe kepribadian, variabel dependen adalah kecemasan orang tua saat pendampingan daring. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Korelasi Rank Spearman, Regresi Logistik Ordinal dengan nilai kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 58 responden sebagian besar (55,2%) memiliki dukungan sosial rendah, hampir setengahnya (39,7%) tipe kepribadian introvert dan hampir setengahnya (46.6%) memiliki tidak ada kecemasan. Hasil Uji Rank - Spearman hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan diperoleh (ρ = 0,005), hubungan tipe kepribadian dengan kecemasan diperoleh (ρ = 0,001) dan hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan diperoleh (ρ = 0,003). Pentingnya dukungan sosial untuk orang tua saat pendampingan pembelajaran daring dapat meningkatkan dukungan sosial yang lebih baik dan bersosialisasi dengan tetangga lainnya. Orang tua juga merasa melalui pembelajaran di rumah, orang tua dapat melihat perkembangan anaknya dalam belajar

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFirdaus, .NIDN0713016904firdaus@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Pembelajaran Daring
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:48
Last Modified: 20 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7330

Actions (login required)

View Item View Item