HIDAJAD, LAILATUL
(2021)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KIPAS KATA PADA ANAK KELOMPOK A RA IBNU SINA SIDOKUMPUL SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Hidajad, Lailatul.2021. Implementasi Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan
Menggunakan Kipas Kata Pada Anak Kelompok A RA Ibnu Sina
Sidokumpul Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(UNUSA).
Latar belakang penelitian ini yakni anak masih kesulitan membedakan huruf dan
membaca kata yang sudah diejanya, untuk itu hasil penilaian kemampuan membaca
maka dapat diketahui 75% dari 20 anak masih kesulitan mengenal konsep huruf dan
kata sebagai tahapan kemampuan membaca permulaan.Tujuan penelitian ini untuk
mengevaluasi gambaran secara umum tentang implementasi pembelajaran
membaca permulaan dengan menggunakan media kipas kata pada anak kelompok
A RA Ibnu Sina.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
berdasarkan modul rancangan penelitian. Penelitian kualitatif bisa dipahami
sebagai prosedur riset yang memanfaatkan data deskriptif, berupa kata tertulis atau
lisan dari pelaku yang dapat diamati sejenis penelitian yang
temuantemuannya.Hasil penelitian ini berdasarkan teknik pengumpulan data
melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik
deskriptif. Simpulan secara umum, penelitian yang dilakukan untukmengevaluasi
gambaran secara umum tentang implementasi pembelajaran membaca permulaan
dengan menggunakan media kipas kata pada anak kelompok A RA Ibnu
Sina.Sangat bervariatif, dapat dilihat dari hasil berdasarkan analisis. Hasil semua
nilai mutu dari keseluruhan: belum berkembang (BB) didapati 2 siswa atau 10%,
sedangkan nilai mutu mulai berkembang (MB) didapati 6 siswa atau 30%,
kemudian nilai mutu berkembang sesuai harapan (BSH) didapati 9 siswa atau 45%,
dan nilai mutu berkembang sangat baik (BSB) didapati 3 siswa atau 15%.
Actions (login required)
|
View Item |