IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KIPAS KATA PADA ANAK KELOMPOK A RA IBNU SINA SIDOKUMPUL SIDOARJO

HIDAJAD, LAILATUL (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KIPAS KATA PADA ANAK KELOMPOK A RA IBNU SINA SIDOKUMPUL SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210099_abstract.pdf

Download (629kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30248.html

Abstract

Hidajad, Lailatul.2021. Implementasi Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Kipas Kata Pada Anak Kelompok A RA Ibnu Sina Sidokumpul Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Latar belakang penelitian ini yakni anak masih kesulitan membedakan huruf dan membaca kata yang sudah diejanya, untuk itu hasil penilaian kemampuan membaca maka dapat diketahui 75% dari 20 anak masih kesulitan mengenal konsep huruf dan kata sebagai tahapan kemampuan membaca permulaan.Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi gambaran secara umum tentang implementasi pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kipas kata pada anak kelompok A RA Ibnu Sina.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, berdasarkan modul rancangan penelitian. Penelitian kualitatif bisa dipahami sebagai prosedur riset yang memanfaatkan data deskriptif, berupa kata tertulis atau lisan dari pelaku yang dapat diamati sejenis penelitian yang temuantemuannya.Hasil penelitian ini berdasarkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Simpulan secara umum, penelitian yang dilakukan untukmengevaluasi gambaran secara umum tentang implementasi pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kipas kata pada anak kelompok A RA Ibnu Sina.Sangat bervariatif, dapat dilihat dari hasil berdasarkan analisis. Hasil semua nilai mutu dari keseluruhan: belum berkembang (BB) didapati 2 siswa atau 10%, sedangkan nilai mutu mulai berkembang (MB) didapati 6 siswa atau 30%, kemudian nilai mutu berkembang sesuai harapan (BSH) didapati 9 siswa atau 45%, dan nilai mutu berkembang sangat baik (BSB) didapati 3 siswa atau 15%.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMariati, PanceNIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran Membaca Permulaan, Menggunakan Kipas Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:52
Last Modified: 20 Jan 2022 03:52
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7332

Actions (login required)

View Item View Item