PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 266 GRESIK

KHUSNAH, ANA SYAFINATUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 266 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210008_abstract.pdf

Download (318kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29056.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita siswa masih kurang. Sebagai solusinya, peneliti berusaha menerapkan model two stay two stray dalam pembelajaran menganalisis unsur intrsinik cerita di kelas IV UPT SD Negeri 266 Gresik. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan menganalisis unsur intrisnik cerita sebelum menggunakan model Two Stay-Two Stray (TS-TS), (2) mendeskripsikan kemampuan menganalisis unsur intrisnik cerita sesudah menggunakan model Two Stay-Two Stray (TS-TS), (3) membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 266 Gresik sebanyak 16 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling penuh karena jumlah populasi sedikit. Variabel penelitian ini adalah penggunaan model Two Stay-Two Stray (TSTS) sebagai variabel bebas dan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes menganalisis unsur intrinsik cerita siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Two Stay-Two Stray (TSTS). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. (1) Kemampuan menganalisis unsur intrisnik cerita siswa sebelum menggunakan model Two StayTwo Stray (TS-TS) tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 51,88. (2) Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita siswa sesudah menggunakan model Two Stay-Two Stray (TS-TS) tergolong dengan nilai rata-rata 81,56 pada kualifikasi baik. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita karena thitung 6,995> ttabel 2,131. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, SyamsulNIDN0027096501syamsulghufron@unusa.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:22
Last Modified: 12 Apr 2023 08:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7352

Actions (login required)

View Item View Item