KHUSNAH, ANA SYAFINATUL
(2021)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 266 GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa kemampuan
menganalisis unsur intrinsik cerita siswa masih kurang. Sebagai solusinya,
peneliti berusaha menerapkan model two stay two stray dalam pembelajaran
menganalisis unsur intrsinik cerita di kelas IV UPT SD Negeri 266 Gresik.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan menganalisis unsur
intrisnik cerita sebelum menggunakan model Two Stay-Two Stray (TS-TS), (2)
mendeskripsikan kemampuan menganalisis unsur intrisnik cerita sesudah
menggunakan model Two Stay-Two Stray (TS-TS), (3) membuktikan ada atau
tidaknya pengaruh model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap
kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode One-Group
Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT
SD Negeri 266 Gresik sebanyak 16 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan
teknik sampling penuh karena jumlah populasi sedikit. Variabel penelitian ini
adalah penggunaan model Two Stay-Two Stray (TSTS) sebagai variabel bebas dan
kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita sebagai variabel terikat.
Data penelitian ini adalah hasil tes menganalisis unsur intrinsik cerita
siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Two Stay-Two Stray (TSTS).
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. (1) Kemampuan
menganalisis unsur intrisnik cerita siswa sebelum menggunakan model Two StayTwo
Stray (TS-TS) tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 51,88. (2)
Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita siswa sesudah menggunakan
model Two Stay-Two Stray (TS-TS) tergolong dengan nilai rata-rata 81,56 pada
kualifikasi baik. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan menganalisis
unsur intrinsik cerita karena thitung 6,995> ttabel 2,131. Dengan kata lain, H1
diterima dan H0 ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |