SHOLIH, ABDURROHMAN
(2021)
STUDI KOMPARASI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS DARING DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa
pada masa pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Penelitian ini
menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent group design.
Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas IV SDN Simomulyo I
Sukomanunggal Surabaya, yaitu siswa kelas IV-G dan IV-H. Pengambilan
sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis berupa
sampling insidental. Pengumpulan data menggunakan non tes berupa lembar
observasi keaktifan belajar siswa.
Adapun uji keefektifan metode, data dianalisis menggunakan uji
Kolmogorov Smirnov, Apabila data keaktifan belajar siswa berdistribusi
normal dan homogen menggunakan uji t-test, apabila tidak normal dan tidak
homogen menggunakan Mann-Whitney U-Test. Untuk menganalisis secara
deskriptif dilakukan dengan menganalisis hasil lembar observasi mengetahui
presentase nilai keaktifan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keaktifan belajara siswa
pada kelas IV-G yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share di SDN Simomulyo I, capaian skor terendah keaktifan 37
atau 72,5% (sedang), tertinggi 51 atau 100% (tinggi), selebihnya berada di
atas 80% (tinggi), dan skor rata-rata keaktifan adalah 46,27. (2) Keaktifan
belajara siswa pada kelas IV-H yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division di SDN Simomulyo I, capaian skor terendah keaktifan 39 atau 76,4% (sedang), tertinggi 51 atau
100% (tinggi), selebihnya berada di atas 80% (tinggi), dan skor rata-rata
keaktifan adalah 46,00. (3) Tidak terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa
di kelas IV-G yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share dengan kelas IV-H yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division di SDN Simomulyo I
Surabaya pada taraf signifikasi 0,791 > 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |