MAWADDAH, ASHIMATUL WARDAH AL
(2021)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI DARING DI SDIT AL IBRAH GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat cepat memberikan perubahan terhadap
paradigma dunia pendidikan. Apalagi dengan adanya pandemi covid-19 yang
memberikan pengaruh yang sangat besar dalam bidang pendidikan, sehingga proses
pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka atau luring sekarang
berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Faktor utama yang harus
dimiliki oleh seorang pendidik adalah memiliki inovasi dalam penggunaan media
pembelajaran yang efektif dan efisien untuk dipergunakan dalam proses
pembelajaran daring. Salah satu media yang dapat digunakan pendidik dalam
proses pembelajaran daring adalah Quizizz. Dari penggunaan media tersebut
diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan
mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz
terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah kuantitatif, dengan desain penelitian ini adalah pre-eksperimental design
dengan bentuk penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan
9 anak perempuan.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
teknik pemberian tes pre-test dan post-test dengan soal pilihan ganda berjumlah 20
butir dan teknik pengisian angket yang diberikan kepada validator media dan guru
pelajaran matematika kelas IV. Pada nilai pre-test memperoleh hasil rata-rata
sebesar 65,19 sedangkan pada nilai post-test memperoleh hasil rata-rata sebesar
88,08. Terdapat peningkatan sebesar 22,89. Peningkatan tersebut signifikan dalam
memaksimalkan kualitas belajar siswa di SDIT Al Ibrah Gresik. Berdasarkan hasil
analisis data penelitian dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 dapat
disimpulkan bahwa hasil dari uji paired sample t-test nilai sig (2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05 dan hasil t hitung 8.163 > 1.708 artinya H0 ditolak dan H1 diterima.
Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh
penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika Melalui Daring di SDIT Al Ibrah Gresik.
Actions (login required)
|
View Item |