PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI DARING DI SDIT AL IBRAH GRESIK

MAWADDAH, ASHIMATUL WARDAH AL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI DARING DI SDIT AL IBRAH GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210012_abstract.pdf

Download (977kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29122.html

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat memberikan perubahan terhadap paradigma dunia pendidikan. Apalagi dengan adanya pandemi covid-19 yang memberikan pengaruh yang sangat besar dalam bidang pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka atau luring sekarang berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Faktor utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik adalah memiliki inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran daring. Salah satu media yang dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran daring adalah Quizizz. Dari penggunaan media tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan bentuk penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 9 anak perempuan.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pemberian tes pre-test dan post-test dengan soal pilihan ganda berjumlah 20 butir dan teknik pengisian angket yang diberikan kepada validator media dan guru pelajaran matematika kelas IV. Pada nilai pre-test memperoleh hasil rata-rata sebesar 65,19 sedangkan pada nilai post-test memperoleh hasil rata-rata sebesar 88,08. Terdapat peningkatan sebesar 22,89. Peningkatan tersebut signifikan dalam memaksimalkan kualitas belajar siswa di SDIT Al Ibrah Gresik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 dapat disimpulkan bahwa hasil dari uji paired sample t-test nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil t hitung 8.163 > 1.708 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Melalui Daring di SDIT Al Ibrah Gresik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Quizizz, Matematika, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:38
Last Modified: 12 Apr 2023 08:04
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7363

Actions (login required)

View Item View Item