TRISTANTI, LINDA YULIA
(2021)
MENGAJARKAN KARAKTER TERINTEGRASI IPA KELAS VI (ENAM) SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran karakter
terintegrasi IPA, untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan
pembelajaran karakter terintegrasi IPA, dan untuk mengetahui keefektifan
pembelajaran karakter terintegrasi IPA dilihat dari kemampuan siswa memaknai
fenomena IPA sebagai model karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian payung kuantitatif observasional. Penelitian ini berada di bawah
pemberdayaan karakter siswa sekolah dasar. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas VI (Enam).
Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan lembar pengamatan
keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, tes sikap/karakter siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik persentase, mencari skor rata-rata, dan
menghitung banyaknya indikator yang dicapai setiap siswa dengan kemudian
menentukan presentasenya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran karakter
terintegrasi IPA telah terlaksana dengan skor perolehan 86,1%, respon siswa
terhadap terhadap keterlaksanaan pembelajaran karakter terintegrasi IPA telah
dilaksanakan dengan senang dan memperoleh skor rata-rata 3,125, dan keefektifan
pembelajaran karakter terintegrasi IPA telah dinyatakan tuntas oleh 7 siswa dengan
persentase 77,7% dan 2 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 22,2%.
Ketuntasan tersebut dinilai dari jawaban uraian yang telah diberikan siswa melalui
lembar tes sikap/karakter siswa.
Actions (login required)
|
View Item |