MENGAJARKAN KARAKTER TERINTEGRASI IPA KELAS VI (ENAM) SEKOLAH DASAR

TRISTANTI, LINDA YULIA (2021) MENGAJARKAN KARAKTER TERINTEGRASI IPA KELAS VI (ENAM) SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210013_abstract.pdf

Download (475kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29130.html

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran karakter terintegrasi IPA, untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran karakter terintegrasi IPA, dan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran karakter terintegrasi IPA dilihat dari kemampuan siswa memaknai fenomena IPA sebagai model karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian payung kuantitatif observasional. Penelitian ini berada di bawah pemberdayaan karakter siswa sekolah dasar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI (Enam). Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, tes sikap/karakter siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase, mencari skor rata-rata, dan menghitung banyaknya indikator yang dicapai setiap siswa dengan kemudian menentukan presentasenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran karakter terintegrasi IPA telah terlaksana dengan skor perolehan 86,1%, respon siswa terhadap terhadap keterlaksanaan pembelajaran karakter terintegrasi IPA telah dilaksanakan dengan senang dan memperoleh skor rata-rata 3,125, dan keefektifan pembelajaran karakter terintegrasi IPA telah dinyatakan tuntas oleh 7 siswa dengan persentase 77,7% dan 2 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 22,2%. Ketuntasan tersebut dinilai dari jawaban uraian yang telah diberikan siswa melalui lembar tes sikap/karakter siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIbrahim, MusliminNIDN8902600020musliminibrahim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Mengajarkan, Karakter, Terintegrasi, IPA, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:42
Last Modified: 12 Apr 2023 08:05
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7366

Actions (login required)

View Item View Item