ILMA, SASKIA NURVITA
(2021)
LITERATURE REVIEW: DAMPAK METODE PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Latar Belakang: Munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan dalam sistem pembelajaran , yang semula menggunakan tatap muka (offline) berubah menjadi pembelajaran daring (Yurianto, Ahmad, 2020). Aktivitas yang melibatkan kumpulan orang-orang kini mulai dibatasi seperti bersekolah, bekerja, beribadah. Pemerintah sudah menghimbau untuk bekerja, bersekolah, beribadah dari rumah untuk menekan angka pasien yang terpapar covid (Menteri pendidikan, 2020). Metode: Jenis penelitian ini adalah Literature Riview (LR), yakni analisis terintegritas tulisan ilmiah yang terkait langsung dengan pertanyaan penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang berkenan dengan apa yang sudah dilakukan orang lain sebelumnya. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pencarian database melalui 2 database yaitu Science Direct dan Proquest. Proses pencarian literature dirangkum dalam diagram flow sehingga menemukan 5 jurnal. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jurnal yang menyimpulkan terdapat beberapa dampak kesehatan mental seperti depresi, kecemasan dan gangguan tidur pada anak karena pembelajaran daring dan 2 jurnal menyimpulkan bahwa pembelajaran daring dapat merusak kesehatan mata. Kesimpulan: Pembelajaran daring dikaitkan pada anak sekolah dasar yang mempunyai dampak yang berbeda-beda mulai dari kehilangan kebebasan berfikir, mengurangi jumlah latihan fisik, gangguan tidur, ketegangan mata, kecemasan dan depresi.
Actions (login required)
|
View Item |