ILMA, SASKIA NURVITA
  
(2021)
LITERATURE REVIEW: DAMPAK METODE PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Latar Belakang: Munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan dalam  sistem  pembelajaran  ,  yang  semula  menggunakan  tatap  muka  (offline) berubah  menjadi  pembelajaran  daring  (Yurianto,  Ahmad,  2020).  Aktivitas  yang melibatkan kumpulan orang-orang kini mulai dibatasi seperti bersekolah, bekerja, beribadah.  Pemerintah  sudah  menghimbau  untuk  bekerja,  bersekolah,  beribadah dari rumah untuk menekan angka pasien yang terpapar covid (Menteri  pendidikan, 2020). Metode: Jenis penelitian ini adalah Literature Riview (LR), yakni analisis terintegritas  tulisan  ilmiah  yang  terkait  langsung  dengan  pertanyaan  penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang berkenan dengan apa yang sudah dilakukan  orang  lain  sebelumnya.  Dalam  penelitian  ini  peneliti  melakukan pencarian  database  melalui  2  database  yaitu  Science  Direct  dan  Proquest.  Proses pencarian literature dirangkum dalam diagram flow sehingga menemukan 5 jurnal. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jurnal yang menyimpulkan terdapat  beberapa  dampak  kesehatan  mental  seperti  depresi,  kecemasan  dan gangguan tidur pada anak karena pembelajaran daring dan 2 jurnal menyimpulkan bahwa pembelajaran daring dapat merusak kesehatan mata. Kesimpulan:  Pembelajaran  daring  dikaitkan  pada  anak  sekolah  dasar  yang mempunyai dampak yang berbeda-beda mulai dari kehilangan kebebasan berfikir, mengurangi jumlah latihan fisik, gangguan tidur, ketegangan mata, kecemasan dan depresi.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |