LITERATURE REVIEW: DAMPAK METODE PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR

ILMA, SASKIA NURVITA (2021) LITERATURE REVIEW: DAMPAK METODE PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-210082_abstract.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29354.html

Abstract

Latar Belakang: Munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan dalam sistem pembelajaran , yang semula menggunakan tatap muka (offline) berubah menjadi pembelajaran daring (Yurianto, Ahmad, 2020). Aktivitas yang melibatkan kumpulan orang-orang kini mulai dibatasi seperti bersekolah, bekerja, beribadah. Pemerintah sudah menghimbau untuk bekerja, bersekolah, beribadah dari rumah untuk menekan angka pasien yang terpapar covid (Menteri pendidikan, 2020). Metode: Jenis penelitian ini adalah Literature Riview (LR), yakni analisis terintegritas tulisan ilmiah yang terkait langsung dengan pertanyaan penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang berkenan dengan apa yang sudah dilakukan orang lain sebelumnya. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pencarian database melalui 2 database yaitu Science Direct dan Proquest. Proses pencarian literature dirangkum dalam diagram flow sehingga menemukan 5 jurnal. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jurnal yang menyimpulkan terdapat beberapa dampak kesehatan mental seperti depresi, kecemasan dan gangguan tidur pada anak karena pembelajaran daring dan 2 jurnal menyimpulkan bahwa pembelajaran daring dapat merusak kesehatan mata. Kesimpulan: Pembelajaran daring dikaitkan pada anak sekolah dasar yang mempunyai dampak yang berbeda-beda mulai dari kehilangan kebebasan berfikir, mengurangi jumlah latihan fisik, gangguan tidur, ketegangan mata, kecemasan dan depresi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiyowati, EppyNIDN0717127001eppy@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran daring, Anak, dampak kesehatan.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:45
Last Modified: 20 Jan 2022 04:45
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7368

Actions (login required)

View Item View Item