SOLEHA, FIKRIYATUS
(2021)
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pembelajaran merupakan jalinan antara peserta didik dengan guru serta
sumber daya di lingkungan belajar. Model pembelajaran memiliki peran penting
untuk mencapai hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil
belajar PKn Sekolah Dasar dari berbagai artikel penelitian. Pendekatan penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian meta analisis. Sumber
data berasal dari jurnal ilmiah yang diperoleh dari google scholar dengan kata kunci
Contextual Teaching and Learning, hasil belajar PKn di SD. Penelitian didesain
dengan menganalisis beberapa hasil penelitian relevan dengan mecermati gain skor
hasil belajar PKn antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa
rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran CTL adalah
64.88, setelah diterapkan model pembelajaran CTL mengalami peningkatan
sebeasar 81.77. Selisih antara pretest dan posttest adalah 16.89. Penggunaan model
pembelajaran CTL memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn
Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |